background-shape
feature-image

Orrus.org - Dalam peraturan pemerintah, ada beberapa jenis kendaraan bermotor yang dikenakan pajak. Pemilik harus membayar pajak kepada otoritas terkait secara berkala agar tidak dikenakan denda.

Jika Anda terlambat membayar atau tidak membayar, denda yang dikenakan akan bertambah setiap jangka waktu yang ditentukan. Untuk itu, banyak pemilik kendaraan menyambut baik adanya pengapuran pajak kendaraan.

Dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 12 dan 13 Nomor 28 Tahun 2009, disebutkan adanya pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor.

Kemudian pada saat dilaksanakan, setiap orang atau badan yang memiliki kendaraan dikenakan pajak atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan tersebut. Untuk mobil mewah, aturan perpajakan diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan 355/KMK.03/2003 tanggal 11 Agustus 2003.

Sedikitnya ada sepuluh jenis kendaraan bermotor yang dikenakan pajak penjualan. Jadi, periksa jenis mobil apa yang Anda miliki, sehingga Anda tahu berapa pajak yang seharusnya.

Namun, jika Anda bingung, ada cara mudah untuk mengeceknya, yaitu dengan melihat sertifikat hak milik yang biasanya disertakan saat membeli mobil. Anda akan tahu nanti kapan harus membayar pajak ditambah denda jika Anda terlambat.

Sekilas Tentang Pemutihan Pajak Kendaraan

Pernahkah Anda mendengar tentang kredit pajak mobil? Tahukah Anda apa saja manfaatnya? Di bawah ini adalah uraian singkat tentang pemutihan pajak kendaraan yang perlu Anda ketahui.

1. Pengertian Pemutihan Pajak Kendaraan

Pemutihan pajak adalah penghapusan atau amnesti sanksi pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan. Pemutihan sering dilakukan oleh pemerintah untuk meringankan beban pajak kendaraan di masyarakat.

Jadi, jangan salah paham kalau masih harus bayar nanti. Karena pemutihan ini hanya menghilangkan denda, sedangkan jumlah pajak tetap sama dan harus dibayar.

Misalnya, Anda memiliki sepeda motor yang telah melebihi ambang batas pembayaran pajak. Nah, jika Anda mengikuti program pemutihan, Anda tidak akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran, Anda hanya perlu membayar pajak biasa.

2. Pajak Kendaraan

Pada mobil biasanya ada dua jenis, pajak yang harus dibayar setiap tahun dan pajak yang dibayarkan setiap lima tahun. Sedangkan untuk pajak tahunan bisa dibayarkan saat mengajukan Surat Tanda Daftar Kendaraan (STNK). Sementara itu, pajak akan dipungut setiap lima tahun dengan perubahan plat nomor kendaraan.

Besaran pajak mobil ini bervariasi, tergantung jenis, tahun, dan kepemilikannya. Oleh karena itu, jangan heran ketika melihat STNK (nomor mobil) orang lain, ternyata besaran pajaknya tidak sama.

3. Dasar Pemutihan Pajak Kendaraan

Pada dasarnya, semua daerah di Indonesia memiliki jadwal rutin penghapusan pajak kendaraan bermotor. Hal ini sah secara hukum, karena memiliki dasar dalam penerapan pembebasan pajak ini.

Bahkan, Peraturan Pemerintah UU No. Dijelaskan Pasal 22 Pasal 74 Tahun 2009, pemilik kendaraan bermotor wajib mengurus dan membayar pajak sebelum masa dua tahun berakhir. Jika tidak diperpanjang hingga dua tahun, statusnya akan dicabut dan kendaraan yang dimiliki menjadi kendaraan palsu.

Nah, soal pajak ini, Anda tidak bisa mengabaikannya, ya? Sebelum tanggal kadaluarsa harap segera bayar dan jika ada informasi tentang bleaching segera gunakan untuk mempermudah pembayaran. Atau anda bisa membeli asuransi mobil terbaik 2021, karena sebagian asuransi menanggung biaya perpanjangan pajak kendaraan.

Tujuan Pemutihan Pajak Kendaraan

Ada dua jenis pajak kendaraan bermotor sebagaimana telah dibahas pada pembahasan sebelumnya, yaitu pajak tahunan atau PKB (pajak kendaraan bermotor) dan pajak lima tahun atau BBN KB (biaya transfer kendaraan). Dengan auto tax whitewashing, ada dua keuntungan, pembayar pajak dan juga pemerintah. Apa tujuan dan manfaatnya?

1. Bagi Wajib Pajak

Dengan bleaching, wajib pajak bisa lebih ringan dalam membayar biaya yang dikenakan. Selain itu, wajib pajak juga bisa melegalkan mobilnya tanpa harus khawatir, jika di kemudian hari akan terkendala legalitas.

Jadi, pemutihan ini sangat penting bagi pemilik kendaraan agar lebih nyaman dan lebih murah. Selain itu, pemutihan ini juga bisa membersihkan nama wajib pajak, jika ada persoalan penyalahgunaan pajak kendaraan mati.

2. Bagi Instansi

Pemutihan ini memiliki banyak manfaat bagi instansi terkait, seperti:

  • Membuat wajib pajak lebih patuh
  • Pendapatan meningkat karena jalur pajak mobil
  • Meningkatkan pendapatan di daerah di mana pajak dibayarkan
  • Tingkatkan kepatuhan wajib pajak agar tidak terlambat lagi
  • Mendorong wajib pajak untuk segera membayar pajak yang tertunda atau menunggak.

Oleh karena itu, ada banyak tujuan untuk pengapuran pajak kendaraan yang biasanya dilakukan setiap daerah secara berkala.

Waktu Pemutihan Pajak Kendaraan 2021

Lalu kapan penghapusan pajak otomatis 2021? Setiap daerah memiliki jadwal yang berbeda. Jadi mari kita lihat detail berikut.

Jambi

Berdasarkan pada Keputusan Gubernur Jambi No.17/Kep.Gub/Bakeuda.2.2/2021 tanggal 4 Januari 2021 hingga 30 Juni 2021

Lampung

Berdasarkan pada Peraturan Gubernur No. 14/2021 mulai 1 April 2021 hingga 30 September 2021.

DKI Jakarta

Pemutihan pajak kendaraan Jakarta dikabarkan pada tahun 2021 ini tidak ada. Jadi kamu tunggu saja, semoga ada amnesti atau pemutihan terkait pajak kendaraan bermotor.

Jawa Barat

Pemutihan pajak kendaraan Depok belum ada jadwal, terakhir ada pada Desember 2020.

Jawa Tengah

Pemutihan pajak kendaraan Jawa Tengah menurut Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pembebasan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor bagi masyarakat Jawa Tengah berlaku mulai 1 Mei 2021 hingga 06 September 2021.

D.I. Yogyakarta

Berdasarkan pada Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 26 tahun 2020 mengenai penghapusan sanksi administratif pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor tahun 2020 berlaku hingga 30 Juni 2021.

Jawa Timur

Untuk wilayah Surabaya ada pemutihan pajak kendaraan hingga 24 Juni 2021.

Selain daerah-daerah yang disebutkan di atas, saat ini belum ada informasi pasti kapan jadwal pasti pajak kendaraan akan dibebaskan. Karena itu, ketika ada pemutihan, Anda harus bergerak cepat dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Syarat Pemutihan Pajak Kendaraan

Agar proses pengurusan pemutihan pajak atau pemutihan STNK berjalan dengan lancar, pemilik kendaraan atau orang yang berwenang harus menyiapkan peralatannya. Apa pun?

1. Catatan Sebelum Mengurus Pemutihan

Wajib Pajak harus melengkapi persyaratan sesuai dengan informasi di bawah ini. Apabila persyaratan dinyatakan tidak lengkap pada saat pemeriksaan persyaratan di Samsat, Wajib Pajak akan diberikan kesempatan untuk melengkapi persyaratan dan melakukan pendaftaran kembali secara online. Untuk semua persyaratan pemutihan pajak kendaraan, dua salinan harus dibuat.

2. Syarat untuk Perpanjangan STNK

Di bawah ini adalah ketentuan pengapuran pajak kendaraan.

  • Isi formulir pendaftaran
  • Lampirkan bukti identitas pemilik dengan ketentuan sebagai berikut:
  • untuk perorangan dan terdiri dari:
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Kuasa bermeterai cukup bagi yang diwakili oleh orang lain
  • Untuk badan hukum yang terdiri dari:
  • Surat kuasa bermeterai cukup, menggunakan kop surat badan hukum dan ditandatangani oleh pimpinan serta materai badan hukum yang bersangkutan;
  • Fotokopi KTP yang berwenang;
  • surat keterangan domisili
  • bersertifikat SIUP/NIB dan NPWP;
  • Untuk instansi pemerintah terdiri dari :
  • Surat Kuasa bermeterai cukup, menggunakan kop surat instansi pemerintah dan ditandatangani oleh pimpinan serta stempel/meterai instansi terkait;
  • Lampirkan fotokopi KTP yang telah disetujui
  • Salinan STNK asli dan salinan
  • Asli dan salinan BPKB atau jika BPKB digunakan sebagai jaminan bank, harus disertai dengan bukti jaminan BPKB dan/atau sertifikat dengan biaya materai yang cukup dari kreditur.
  • Deskripsi Membuka blokir dalam kasus larangan STNK
  • Ranmor hasil pemeriksaan fisik

3. Syarat Untuk Pemutihan Pajak Kendaraan

Jika ingin pengembalian pajak kendaraan bermotor, syarat-syarat berikut ini harus dipenuhi, agar proses pengelolaannya bisa berjalan dengan lancar. Detail di sini.

  • STNK - Surat Keterangan Nomor Kendaraan : asli dan fotokopi
  • KTP - KTP : atas nama pemilik asli kendaraan dan fotokopinya
  • BPKB - Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor : asli dan fotokopi
  • Kumpulkan dalam map kuning untuk jenis kendaraan sepeda motor
  • Kelompokkan mereka bersama dalam peta jenis mobil merah
  • Jumlah pembayaran pajak dasar sesuai dengan jumlah yang diminta.

Perlu diketahui bahwa pembayaran untuk jenis pajak ini dapat dilakukan di lokasi Samsat terdekat atau sesuai versi STNK dan BPKB kendaraan Anda. Misalnya, jika Anda berada di wilayah Surabaya, Anda harus membayar melalui Samsat Surabaya. Jika Anda tinggal di Surabaya tetapi mobilnya berasal dari Bali, Anda masih bisa merawatnya di Surabaya.

Contoh Penghitungan Pemutihan Pajak Kendaraan

Agar tidak salah perhitungan ketika info dari Samsat mengenai pemutihan telah rilis, maka kamu bisa mencontoh cara perhitungan berikut ini.

1. Istilah-Istilah Yang Harus Diketahui

Transfer nama untuk kendaraan bermotor atau BBN KB. Besarnya biaya ini adalah 10 persen dari harga kendaraan (off-road) atau harga faktur kendaraan baru. Sedangkan untuk mobil bekas harganya 2/3.

PKB atau pajak mobil. Pajak otomatis atau PKB. Jumlahnya 1,5 persen dari nilai jual kendaraan dan ini berkurang ukurannya setiap tahun, karena nilai jual yang lebih rendah.

Iuran Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau biasa disebut dengan WDKLLJ. Jumlahnya sudah ditentukan dengan pasti.

2. Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Bagi Anda yang STNK-nya telah habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang akan dikenakan denda PKB dan denda SWDKLLJ. Oleh karena itu, jika ada jadwal untuk pemurnian pajak kendaraan, segera selesaikan agar biayanya murah. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Sebagai contoh, Anda dapat melihat pada contoh penghitungan denda di bawah ini:

Harap dicatat bahwa denda untuk OKB adalah 25% per tahun. Misalnya, Anda memiliki sepeda motor yang jatuh tempo pembayarannya pada tanggal 20 Januari. Setelah itu, Anda akan memberikannya dalam enam bulan ke depan. Jadi, akunnya adalah:

PKB x 25% x 6/12 dan ditambah denda iuran wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas atau WDKLLJ sebesar Rp. 30.000.

Bukankah itu indah? Karena itu, jika ada pemutihan, maka segera turunkan biaya dendanya. Namun, jangan lupa bahwa jumlah pajak yang harus dibayar adalah tetap.

3. Contoh Perhitungan Biaya Pajak Mobil

Persyaratan atau perhitungan biaya pajak kendaraan 2% untuk kendaraan pertama.

Harga jual kendaraan (2/3 dari harga baru) x pajak progresif = Rs. 20.000.000 x 2% = Rp. 4000. 000

Selain biaya Sumbangan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp. 143.000, total PKB yang harus dibayar Wajib Pajak adalah Rp. 4143000.

4. Contoh Perhitungan Biaya Pajak Motor

Sepeda motor tersebut merupakan kepemilikan kedua sehingga dikenakan pajak progresif sebesar 2,5% dan ini merupakan jenis sepeda motor tahun 2015. Jadi perhitungannya adalah:

Harga jual sepeda motor (sudah 2/3 dari harga baru) x pajak progresif = Rp 15.000.000 x 2.5% = Rp 375.000.

Ditambah biaya Iuran Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ sebesar Rp35.000. Jadi, total PKB yang harus dibayar wajib pajak adalah Rp 410.000.

Cara Mengecek Besaran Pajak

Lupa membayar pajak mobil adalah hal yang fatal. Anda bisa didenda. Jadi, lakukan pemeriksaan pajak secara rutin agar tidak lupa. Berikut cara mengecek berapa pajak yang perlu Anda ketahui.

1. Via Situs Resmi Milik Samsat

Yang dimaksud samsat di sini adalah samsat lokal di daerah Anda. Sejauh ini, baru beberapa Samsat yang terkonfirmasi memiliki website resmi, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Aceh, Riau, dan Kepri. Anda dapat memeriksa ini dengan:

  • Buka situs web Samsat yang relevan.
  • Isi kolom dengan nomor STNK dan data NIK yang tercantum di STNK.
  • Pilih proses. Jika ada kolom captcha, isikan seperti yang tertulis.
  • Tunggu hingga jumlah pajak yang harus dibayar muncul.

2. Via SMS

Sama seperti sebelumnya, metode ini hanya bisa diterapkan di wilayah tertentu, seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Harus ditekankan bahwa metode praktis ini hanya dapat digunakan untuk memeriksa pajak tahunan, tidak termasuk pengapuran pajak otomatis. Berikut cara memeriksanya:

Untuk Jawa Timur ketik nomor STNK JATIM (spasi), lalu kirim ke 7070. Tunggu pesan notifikasi dari operator.

Untuk wilayah Jawa Barat, ketik poldajabar (spasi) untuk nomor STNK, lalu kirimkan ke 3977. Tunggu beberapa saat hingga pesan Anda dibalas.

Untuk wilayah DKI Jakarta, ketik nomor STNK METRO (spasi), lalu kirim ke 1717. Tidak butuh waktu lama untuk menunggu, dan informasi yang Anda harapkan akan masuk ke alat.

3. Via Aplikasi Khusus

Cara cek pajak kendaraan terakhir yang paling mudah dan praktis adalah melalui aplikasi cek pajak kendaraan khusus. Metode ini adalah sebagai berikut.

  • Download aplikasi Samsat Online Nasional dari Playstore.
  • Tulis data pribadi dan kendaraan Anda pada kolom yang tersedia.
  • Klik Daftar.
  • Isi formulir mengikuti instruksi pada pesanan.
  • Jika sudah diisi, Anda akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan yaitu jumlah pajak, serta tanggal jatuh tempo pajak dan STNK.

Demikian ulasan tentang pengapuran pajak mobil lengkap beserta cara penghitungannya. Pastikan untuk memeriksa jumlah pajak secara teratur dan membayar pajak tepat waktu agar Anda tidak terkena penalti. Selain membayar pajak, Anda juga perlu melindungi mobil Anda dengan membeli produk asuransi.