background-shape
feature-image

Orrus.org - Layanan pinjaman online (pinjol) bisa menjadi jalan keluar bagi masyarakat yang sangat membutuhkan. Namun, tidak semua layanan pinjaman resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa mengetahui cara cek aplikasi pinjaman online di ojk untuk menghindari penipuan.

Masih banyak aplikasi pinjam meminjam ilegal yang tidak sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 77 Tahun 2016, tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Padahal, layanan pinjaman online ilegal sangat merugikan pihak peminjam. Di antara banyak kasus yang terjadi, pelanggan ditagih dalam jumlah yang berkali-kali lipat dari uang yang dipinjam.

Hal ini telah diuji oleh seorang pegawai Pemkab Boyolali yang ditagih utang sebesar Rp. 75 juta setelah meminjam pinjaman online ilegal. Selain itu, cara penagihan yang dianggap tidak etis dan sering mengintimidasi pelanggan. Untuk itu anda perlu tau cara cek aplikasi pinjaman online di ojk melalui WA.

Misalnya, pemberi pinjaman mengakses kontak di perangkat pengguna dan kemudian memanggil kontak tersebut untuk menunjukkan faktur. Sejauh ini, OJK baru mendaftarkan 121 lembaga pemberi pinjaman online resmi di bawah pengawasannya. Dan salah satunya ada pinjol resmi ojk bunga rendah yang menjadi rekomendasinya.

Cara cek aplikasi pinjaman online di ojk

Cara cek aplikasi pinjaman online di ojk lainnya adalah dengan mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp resmi OJK dengan cara sebagai berikut:

  • Simpan nomor kontak OJK di 081-157-157-157.
  • Buka WhatsApp dan buka kontak OJK yang tersimpan.
  • Ketik nama pin yang ingin Anda periksa.
  • Misalnya “pinjol.com”, lalu kirim pesan.

Nantinya, bot akan mencari dan memberikan jawaban apakah organisasi tersebut terdaftar di OJK atau tidak.

Ciri Ciri Pinjol Ilegal atau Penipu

Berikut ciri-ciri pinjaman online ilegal, seperti yang diunggah akun media sosial resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika:

  • Dia memiliki minat yang besar.
  • Jangka waktu pinjaman tidak jelas.
  • Alamat perusahaan tidak termasuk dalam aplikasi atau situs web.
  • Dia tidak memiliki koneksi ke layanan pengaduan.
  • Menggunakan prosedur penagihan yang tidak tepat (mengandung unsur kekerasan dan pelecehan).
  • Minta akses ke daftar kontak seluler dan dokumen pribadi lainnya.

Jika pinjol memiliki ciri-ciri di atas, tidak ada salahnya untuk meragukan dan mengecek halaman atau melalui WhatsApp OJK. Penawaran pinjaman ilegal biasanya juga dilakukan melalui SMS atau WhatsApp. Ada juga non-legal lender yang memasang logo mirip dengan lembaga fintech atau official lender. Oleh karena itu, masyarakat perlu memberikan perhatian lebih.

Penutup

Nah, itulah pembahasan singkat dari kami mengenai cara cek aplikasi pinjaman online di ojk. Cara ini sangat penting sekali, berhubung banyaknya pinjaman online ilegal. Segera hindari pinjaman online tersebut jika anda menemukannya pada ciri - ciri diatas.